18 April 2013

Review North Country



Alur cerita film ini mundur. Film North Country latar awalnyadi Ruang Pengadilan (persidangan). Kilas balik latarnya yaitu di rumah Josey Aimes (pemeran utama/istri korban). Hari itu bertepatan dengan Hari Natal, karena terpajang pohon natal yang megah. Dirumah tersebut ada seorang anak yang manis sedang bermain boneka barbie, yaitu anak bungsunya Josey Aimes yang bernama Karen. Tidak lama kemudian datang mobil kehalaman rumah, yaitu suaminya Josey yang bernama Waney, meskipun tidak diperlihatkan jelas apa yang dilakukan Waney terhadap istrinya tapi sudah tergambar bahwa Waney memukul Josey, soalnya saat itu Josey tergeletak dilantai, mulut dan hidungnya berlinang darah kemudian dia mencucinya. Saat itu Josey tidak melapor ke polisi, tetapi dia langsung menggendong anak bungsunya dan mengajak anak sulungnya yang bernama Sammy untuk pergi menuju rumah orang tua Josey.
       Sesampainya dirumah Hank Aimes (ayah Josey), kedatang mereka disambut hangat oleh Alice (ibu Josey/nenek), berbeda halnya dengan Hank, dia hanya bertanya tegas, singkat. Mungkin Hank tidak suka dengan perlakuan Waney kepada Josey.
       Film ini tiba-tiba alurnya mundur, kembali ke masa dimana Josey masih bersekolah. Saat itu Josey dekat dengan seorang laki-laki yang bernama Bobby Sharp.
Inti dari film ini yaitu saat Josey mendapatkan perilaku asusila (pemerkosaan) oleh guru sekolahnya. Saat itu masih berlangsung belajar-mengajar, akan tetapi Josey disuruh tetap berada dikelas saat proses belajar-mengajar tersebut telah selesai. Bobby Sharp kekasihnya disuruh keluar oleh gurunya itu. Dan ternyata, disitu gurunya mulai merayu dan memaksa melakukan hal yang sangat keji. Diluar Bobby Sharp sempat memergoki, tapi apa dikata, dia bukannya menolong Josey yang ketakutan, tapi Bobby Sharp lari. Padahal, Bobby sharp adalah satu-satunya saksi mata.
       Kejadian pemerkosaan itu membuat Josey ketakutan, dia hamil. Kedua orang tuanya marah besar. Dan ternyata, anak pertamanya yang bernama Sammy itu yaaang dia lahirkan, meskipun dia tidak tahu siapa ayahnya.
       Josey bekerja sebagai seorang pencuci rambut (salon). Untungnya saja ada teman yang berbaik hati padanya, yaitu menawarkan pekerjaan di tambang. Meskipun pekerjaan tersebut berat, tapi penghasilannya hampir 5 kali lipat dari pekerjaannya yang sekarang. Oleh karena itu dia meminta izin kepada orang tuanya, Hank Aimes kurang setuju, karena tambang adalah pekerjaan berat oleh seorang wanita. Meskipun Hank sendiri kerja ditempat tersebut. Awalnya Josey emang tidak mau, tapi melihat kondisi dia harus membiayai kedua anaknya dan membutuhkan uang untuk tempat tinggal mereka.
       Suatu hari suaminya Josey datang berkunjung ke rumah kedua orang tuanya meminta agar Josey dan kedua anaknya pulang, tapi Josey dan Waney bukannya mereka baikan tapi mereka bertengkar lagi.
       Sebelum Josey berkerja di tambang tersebut, Josey dites kesehatan. Dan Josey bersama kedua anaknya diajak tinggal dirumah sahabatnya itu yang bernama Glory. Glory sudah berkeluarga, tapi belum mempunyai anak, kurangnya di Glory dia memiliki penyakit yang aneh. Glory adalah satu-satunya teman dekat di pekerjaannya. Suami Glory sangat menyayangi Glory. Merawat dan menjaga Glory di saat sakit. Karena Glory yang akan menjadi saksi pertama di pengadilan Josey nanti.
       Ternyata ditempat kerjanya Bobby sharp juga bekerja disitu dia berusaha untuk memperkosa josey tapi tidak jadi karena Josey berontak. Perkataan Bobby Sharp selalu pedas, ketus dan menghina. Lama-kelamaan teman-teman yang lainnya banyak yang mencela dan menghina sampai-sampai banyak kata-kata kotor yang dipajang di dinding tempat ganti perempuan (kamar mandi)
       Suatu hari Josey membeli rumah sederhana, meskipun anak laki-lakinya tidak suka dengan rumah itu tapi Josey tidak mempermasalahkan. Josey juga memberikan kejutan hadiah untuk anak-anaknya. Josey bahagia karena dapat membahagiakan kedua anaknya dari jerih payah selama ini. Agar tidak selamanya numoang dirumah kedua orang tuanya Josey ataupun dirumah sahabatnya.
       Saat itu Josey dipanggil ke ruang bosnya, dia kira akan melaporkan hasil perkerjaanya, tapi dia malah kepancing emosi karena teman-teman sekatornya membuat dia terpojok, tapi ayahnya Hank Aimes membela dan membuat simpatik semua orang yang tadinya mencela dan melempar kertas-kertas kecil.
       Kembali ke latar persidangan, saat itu persidangan semakin memanas, karena Josey mendapat tekanan dari Jaksa Penuntut. Josey dapat terbebas dari tuntutan apabila ada 3 saksi yang dapat membela / mencabut gugatan. Sahabatnya yang bernama Glory, meskipun dalam keadaan sakit / kritis dia diwakili suaminya mau menjadi saksi. Antusias Glory dalam keadaan lemah tersebut membuat teman-teman yang tadinya melecehkan ikut membela Josey. Josey senang, karena saksi utama yaitu Bobby Sharp saat itu, dia juga mengaku bahwa dia melihat kejadian pemerkosaan guru sekolahnya Josey, hal tersebut jelas meringankan tuduhan terhadap Josey.
1.    Bentuk-bentuk Kekerasan
a.       Marginalization
Di lihat dari bentuk kekerasan ini, pemeran utama dan suaminya mungkin mengalami kesulitan keuangan yang menyebabkan mereka sering bertengkar. Karena adanya peminggiran ekonomi. Hal ini disebebkan suami Josey (Waney) seorang pengangguran oleh karena itu ekonomi mereka berkurang. Jadi hal itu memicu pertengkaran dan pelaku kekerasan rumah tangga.
b.      Stereotype
Dilihat dari peran utama sangat di rugikan. Karena Josey selalu mendapat tekanan-tekanan dari luar. Dia selalu merasa dirugikan, dikucilkan, dan di asingkan. Terkadang ayahnya sendiri tidak suka dengan anaknya. Padahal Josey seorang perempuan yang harus dijaga, disayangi, dihormati, dan dihargai. Tapi teman-temannya sangat merendahkan dan meremehkan Josey.
c.       Double Burden
Film ini memang menonjolkan kepada peran utama yang berkiprah ditempat kerjaan, sedangkan suaminya hanya pengangguran. Pekerjaan yang Josey lakukan yaitu pekerjaan berat, pekerjaan yang terkadang harus dilakukan sama laki-laki tapi dilakukan oleh seorang perempuan. Jam kerjanya hampir sama dengan laki-laki di perusahaan tambang ini.
d.      Violence
Merupakan kekerasan yang berbasis gender yang paling menakutkan. Kekerasan ini terjadi terhadap perempuan sama halnya yang di alami Josey, disikasa oleh suaminya dan dirampas semua hak, dan mengalami tekanan psikologis pada perempuan selaitu mengalami pelecehan seksual (pemerkosaan).
e.       Subordination
Sikap dan tindakan masyarakat menempatkan perempuan pada posisi yang lebih rendah drai pada laki-laki. Dalam film North Country, Josey sebagai orang yang paling kotor, rendah diantara orang lain. Padahal, apa yang mereka nilai (judge) belum tentu sesuai dengan apa yang mereka tuduhkan. Laki-laki dalam film ini cenderung merendahkan harga diri perempuan, padahal semua itu sama, laki-laki dan berempuan memang berbeda, tapi tidak harus dibeda-bedakan.

2.    Pelaku Korban
a.       Josey Aimes (korban pelecehan seksual)
b.      Wayne (suami yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga, tidak bertanggung jawab memenuhi nafkah)
c.       Bobby Sharp pelaku pelecehan seksual (teman masa SMA)
d.      Guru yang memperkosa (pelecehan seksual)

3.    Moral
a.       Kita harus dapat menjaga diri sendiri dari hal-hal yang kurang bermoral.
b.      Dapat menjaga kehornatan nama baik diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara.
c.       Jangan melecehkan orang lain, dan mudah menjudge tanpa tahu kebenarannya.
d.      Jaga setiap perkataan, jangan sampai melecehkan dan menyakiti orang lain (menghina)
e.       Jang bertindak semena-mena
f.       Mampu memilah mana yang jujur (benar) dan mana yang berbohong.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;