11 Maret 2014

Tugas 1 Teknologi Komunikasi

Pengertian Teknologi Komunikasi (teknokom)

Teknologi adalah “a design for instrumental action that reduces the uncertainty in cause-effect relationship involve in achieving a desired outcome” (Rogers, 1983).

a.       Tekonologi komunikasi diartikan sebagai perlengkapan hadware struktur organisasi dan nilai-nilai sosial dimana individu-individu mengumpulkan, memproses, dan tukar menukar informasi dengan individu lain (Roger, 1986)
b.      Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nlai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi dengan individu-individu lain (Rogers, dalam Abrar, 2003).
c.       Teknologi komunikasi merupakan sebuah alat, dilahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial dan politik, membawa nilai-nilai yang berasal dari struktur ekonomi, sosial, dan politik tertentu dan yang terakhir yaitu meningkatkan kemampuan indera manusia, terutama kemampuan mendengar dan melihat.
d.      Teknokom sebagai suatu alat baru, tidak semua efek negatif teknokom dapat teratasi dengan baik (MComber, dalam Abrar 2003).

Seluruh teknologi komunikasi sudah menjangkau panca indera manusia seperti sentuhan, penciuman, rasa, pendengaran dan penglihatan. bahkan teknologi komunikasi dapat membawa seseorang individu melintasi batas ruang dan waktu serta mendapatkan informasi yang tidak didapat sebelumnya (McLuhan, 1965)
Karakteristik Teknologi Komunikasi :
1.      Teknologi komunikasi adalah alat.
2.      Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial dan politik.
3.      Teknologi komunikasi berfungsi meningkatkan kemampuan indra manusia.

Berdasarkan pengertian dan karakteristik yang telah dipaparkan, yang perlu diingat, teknologi selalu memiliki dua aspek, yaitu hardware (yang terdiri dari obyek material atau fisik) dan software (terdiri dari informasi untuk mengoperasikan hardware). Karena sifat hardware yang visible, terkadang mempengaruhi persepsi kita tentang teknologi komunikasi (selalu berpersepsi pada aspek hardaware). 


Bagan Era Revolusi Komunikasi Manusia


35.000 SM
Periode Cro-Magnon bahasa mulai eksis.

22.000 SM
Gambar di dinding gua manusia purba.
Writing Era
I
4.000 SM
Orang Sumeria menulis pada tanah liat.

1041
Di China, Pi Sheng menemukan alat cetak tulisan pada buku yang dapat bergerak.

1241
Di Korea ditemukan jenis logam sebagai pengganti tanah liat.
Printing Era
II
1456
Injil Gutenberg dicetak dengan jenis logam yang dapat bergerak dan sebuah hand press.

1833
Sirkulasi media cetak pertama yang terkenal dengan “Penny Press” Vulgar, sensasional dan murah harganya satu sen, New York Sun, 30.000-40.000 eks dapat dicetak.

1839
Metode Praktik fotografi dikembangkan oleh Daguerre untuk mendukung surat kabar.
Telecommunication Era
III
1844
Samual Morse mengirim pesan pertama dengan telegraf.

1876
Alexander Graham Bell mengirim pesan pertama lewat telepon.

1894
Gambar bergerak ditemukan dan film dipertontonkan kepada khalayak publik.

1895
Gueglielmo Marconi mengirim pesan melalui radio.

1912
Lee De Forest menemukan tabung hampa udara.

1920
KDKA, radio pertama yang mengudara secara teratur, di Pittsburgh.

1933
Alat televise diperagakan oleh RCA.

1941
Televisi komersil pertama.
Interactive Communication Era
IV
1946
Mainframe computer pertama yang bernama ENIAC oleh Universitas Pennsylvania, dengan 18.000 vacum tube.

1947
Ditemukan transistor di Bell lab oleh Willam Shockey, John Bardeen, dan Walter Brattain.

1956
Video tab ditemukan oleh perusahaan AMPEX, Red Wood  City, California.

1957
Rusia meluncurkan satelit ruang angkasa, Sputnik.

1969
NASA menerbangkan pesawat ruang angkasa dengan mikrokomputer 3000 lebih kecil dari ENIAC.

1971
Ditemukan microprosesor, CPU (Centra Prosessing Unit) dengan semi konduktor berupa Chip, oleh Ted Hoff pada intel Corp; di perusahaan mikro elektronik Silicon Valley.

1975
Mikrokomputer pertama, Altair 8800.

1975
HBO (Home Box Office) mulai menyiarkan TV kabel.

1976
Sistem teletext pertama digunakan oleh dua jaringan TV di Inggis BBC dan ITV.

1977
Qube meluncurkan sistem interaksi TV kabel di Colombus, Ohio.

1979
Sistem videotext diluncurkan oleh British Post Office.

(Sumber : Roger, 1986:26).


Karakteristik Sistem Komunikasi Manusia Sebagai Akibat Teknologi Baru
1.      Interactivity, kemampuan untuk “talk back” kepada penggunanya artinya komponen teknologi elektronik yang ada memungkinkan adanya komunikasi dengan medianya secara automatic atau mechanical reaction dan atau memunginkan terjadi komunikasi interpesona melalui media atau “machine assited interpersonal communication”. Mekanik interaktif yang pertama lebih sebagai reaksi mekanik yang terprogram di media, dan makna interaktif yang kedua mengandung artian mutual responsif yang lebih bertendensi pada human response yang didalamnya terdapat berbagai kemampuan seperti kecakapan untuk mendengar, terus-menerus, dengan kecakapan intelegensi dalam merespon pesan yang disampaikan. Interactivity yang dimaksud adalah kualitas dari sistem komunikasi seperti perilaku komunikasi yang diharapkan; keakuratan, lebih efektif dan lebih menyenangkan bagi para komunikan dalam proses komunikasi. Meskipun dengan adanya teknologi komunikasi baru yang bersifat interaktif, namun faktor individu yang aktif menentukan mau interaktif atau tidak.
2.      De-massified, adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan “khusus” antar individu dalam audience yang sangat banyak. Mirip bentuk komunikasi antarpesona pada meda baru tersebut, meskipun mereka tidak bertemu secara face to face. De-massified juga dapat diartikan control sistem sistem komunikasi kepada para media consumer.
3.      Asynchronouns, artinya kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan pada waktu yang tepat pada individu. Sebagai contoh individu dapat membuka e-mail dimana dan kapan dia suka “whenever log-on”





DAFTAR PUSTAKA

Agoeng Noegroho, Teknologi Komunikasi: Sebuah Persepektif Sosial, Purwokerto, 2004.



0 komentar:

Posting Komentar

 
;